Blogger Tricks

TUGAS II GRAFIKA KOMPUTER (MEMBUAT OBYEK RUMAH) -Bernard R.F. Nay

Wuiii su lama sonde ngeblog……nih juga buka blog karena mau posting tugas hohohho….. mmmm .hmmmmm.. #$#%^%^%^ arrrggh sonde tau mau basa basi apa ly @_@....  langsung sa b posting tugas mata kuliah “GRAFIKA KOMPUTER”, ea biar dapat nilai bagus :D……. pernah dengar ngak menggambar rumah atau mobil atau pesawat, animasi, dll  dengan Netbeans ??? loch kok bisa??? Ea tentu bisa…dan b juw baru tau hihihi…. Pada postingan ini akan saya berikan juga dengan penjelasan ^_^ untuk codingnya saya print screen biar ngak asal maen copy –paste saja :p

 


Diatas merupakan contoh rumah sederhana…. Pada screen shoot tersebut saya mulai dengan titik xy : 400, 80…fungsinya ketika di run posisi rumah berada ditengah-tengah… 

Yang perlu disiapkan

  • Netbeans IDE 7.4
  • Java
  • Kopi & Rokok


Masukkan coding import untuk mendukung dalam pembuatan grafik



Java.awt.color (na tuw fungsinya supaya bisa mewarnai obyek yang kita buat
 




Java.awt.Graphics (fungsinya untuk membuat obyek)
Java.swing.Jframe (fungsinya supaya bisa mengatur ukuran tampilan frame saat dirun projectnya
Java.swing.JPanel (funsinya tuw…. Hmm mau jelaskan bingung -_-“)
 


Public  class Rumah extends JPanel ( tu menunjukan bahwa Class “Rumah” menggandeng JPanel atau dapat dibilang Fusion/gabung )
Public void paint  (Graphics g) { (na untuk mulai melakukan menggambar grafik dengan menggunakan variable “g” …”g” dapat diganti dengan huruf atau karakter lain…asalakan sesuaikan dengan coding2 dibawahnya..)
Berikut akan dibahas pertahap dari membuat atap rumah sampai selesai :
 

  • ·       Pertama buat atap rumah dengan titik mulai xy = 400, 80
Codingnya :

Outputnya :

Penjelasannya :


g.setColor(Color.red) = membuat warna merah pada obyek

int atapmiringkanan = 0   (suatu nilai variable untuk obyek yang dimulai dari 0
While (atapmiringkanan <=100) { (ukuran obyek  akan berubah  jika nilai lebih kecil sama dengan 100)

g.fillRect (400+atapmiringkanan, 80+atapmiringkanan,5 ,1)  = membuat obyek garis dengan titik mulai xy = 400, 80 dengan ketebalan garis 5, 1 


oooh hampir lupa “atapmiringkanan” merupakan penamaan variable saja…bisa diganti dengan nama apapun asalkan harus disamakan semua nama variabelnya….  



Atap miring ke kiri 
Codingnya :
 
Outputnya :
 
Penjelasannya :

Sama seperti penjelasan sebelumnya tinggal kita berlogika saja ….jika pada penjelasan sebelumnya nilai garis positif 400 atau “400+variable”, maka apa yang harus  kita lakukan agar miring ke kiri ????
Yupzzz..tepat…..tinggal  buat jadi negative 400 saja atau “400-variabelnya..dan posisi y tetap positif  80”
Hasilnya akan seperti ini jika di run :
 



Sekarang kita akan membuat tembok, jendela dengan pintu
Kita membuat tinggi tembok dulu :
 
Codingnya :

 









Outputnya :






 

Penjelasan :

Tinggi tembok pada contoh ini 150 dengan jarak antar garis 300 : 500 dan ketebalannya 5, menggunakan warna garis merah 300 garis bagian kiri,sedangkan 500 garis kedua bagian kanan berarti jarak antara keduanya memiliki selisi jarak 200


Selanjutnya Kita buat lebar temboknya :  

Codingnya :





 Outputnya :


 Penjelasannya :

Karena pada tinggi tembok memiliki selisih jarak 200 berarti untuk lebar temboknya kita buat dengan panjang 200. 
300 merupakan nilai agar posisi kiri-kanannya sama 380, 180 jarak atas garis atas dan garis bawahnya…..sehingga posisi pas-pas dengan tinggi temboknya….

Untuk jendela dan pintu tinggal disesuaikan saja dengan mengubah ukuran seperi pada lebar dan panjang tembok diatas…codingnya sama saja…tinggal ubah-ubah ukuran dan posisinya….Berikut codingnya  untuk jendela dan pintu :  



 
 Output Akhirnya akan Seperti Ini :


 Tinggal membuat garis putus-putus pada tengah atap dengan codingnya
 
Final Output :

Sekian Tutorialnya..... Untuk Postingan selanjutnya silakan tunggu sampai ada tugas baru lagi :D




1 komentar :

Haidaroh mengatakan...

SIP

Posting Komentar