Tentunya sudah tidak asing lagi ditelingga kalian dengan yang namanya Iklan.........
tapi tahukah anda...pengertian dari iklan ? sejarah? fungsi dan tujuannya?
pada postingan kali ini saya akan menjelaskannya secara singkat,padat dan jelas tentang periklanan itu sendiri.
PENGERTIAN PERIKLANAN
Banyak yang memiliki definisi masing-masing tentang pengertian periklanan, menurut saya iklan adalah suatu pesan atau informasi yang bersifat bujukan kepada masyarakat melalui suatu media
namun parah ahli mempunyai definisi yang berbeda - beda :
periklanan menurut Fandy Tjiptono (2005:226) mengatakan bahwa: “Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keungulan atau ke untungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian”.
Sedangkan menurut otler & Keller yang dialih bahasakan oleh Benyamin Molan (2007:244) Iklan adalah segala bentuk presentasi nonpribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.
Tanpa iklan para produsen dan distributor tidak akan dapat menjual
produknya, sedangkan disisi lain para pembeli tidak akan memiliki
informasi yang memadai mengenai produk barang dan jasa yang tersedia di
pasar. Apabila hal itu terjadi maka industri dan perekonomian modern
pasti akan lumpuh. Apabila sebuah perusahaan ingin mempertahankan
tingkat keuntungannya, maka ia harus melangsungkan kegiatan periklanan
secara memadai dan terus-menerus.
SEJARAH PERIKLANAN
copy :wikipedia.org
4000sm
Mesir
menggunakan papirus untuk membuat pesan penjualan dan poster-poster.
pesan Komersial dan menampilkan kampanye politik telah ditemukan di
reruntuhan Pompeii dan kuno Saudi . Hilang dan menemukan iklan di
papirus yang umum di Yunani Kuno dan Romawi Kuno .Lukisan dinding atau
batu untuk iklan komersial merupakan manifestasi lain dari bentuk iklan
kuno, yang hadir untuk hari ini di banyak bagian Asia, Afrika, dan
Amerika Selatan.Tradisi lukisan dinding dapat ditelusuri kembali ke
India seni batuan lukisan yang tanggal kembali ke 4000 SM. Sejarah
memberitahu kita bahwa Out-rumah iklan- dan billboard merupakan bentuk
tertua iklan.
Sebagai kota dan kota-kota Abad Pertengahan mulai tumbuh, dan
masyarakat umum tidak dapat membaca, tanda-tanda bahwa hari ini akan
berkata tukang sepatu, miller, penjahit atau pandai besi akan
menggunakan gambar yang berhubungan dengan perdagangan mereka seperti
boot, jas, topi, jam, berlian, sepatu kuda, lilin atau bahkan tas
tepung.Buah-buahan dan sayuran yang dijual di alun-alun kota dari
belakang gerobak dan wagon dan pemilik mereka digunakan penelepon
jalanan ( criers kota ) untuk mengumumkan keberadaan mereka untuk
kenyamanan pelanggan.
Abad ke 17
Pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat penting terutama dalam membaca, serta pencetakan, lalu iklan
semakin dikembangkan dan diperluas untuk mencakup selebaran.Pada abad
ke-17 iklan mulai muncul di koran mingguan di Inggris. Iklan cetak awal
ini digunakan terutama untuk mempromosikan buku dan surat kabar, yang
menjadi semakin terjangkau dengan kemajuan di percetakan , dan
obat-obatan, yang semakin dicari sebagai penyakit rusak Eropa Namun,
karena adnya iklan palsu dan apa yang disebut dukun , iklan menjadi masalah, yang diantar dalam regulasi konten iklan.
Sebagai perekonomian diperluas selama abad 19, periklanan tumbuh
bersama.Di Amerika Serikat, keberhasilan ini format iklan akhirnya
mengarah pada pertumbuhan periklanan mail-order.
Abad 18
koran Prancis La Presse adalah yang membuat program iklan yang dibayar di perhalaman-halamannya, yang memungkinkan untuk menurunkan harga,
memperluas pembaca dan meningkatkan perusahaan profitabilitas dan
formula itu segera ditiru oleh semua judul. Sekitar tahun 1840, Volney
B. Palmer membentuk akar biro iklan modern di Philadelphia. Pada tahun
1842 jumlah besar Palmer membeli ruang di berbagai surat kabar pada
tarif diskon kemudian dijual kembali ruang di tingkat yang lebih tinggi
kepada pengiklanIklan]] aktual-salinan, tata letak, dan karya
seni-adalah terhenti disiapkan oleh perusahaan yang ingin beriklan, yang
berlaku, Palmer adalah seorang broker ruang.Keadaan berubah di akhir
abad 19 ketika badan iklan NW Ayer & Son didirikan. Ayer dan Anak
ditawarkan untuk merencanakan, membuat, dan melaksanakan kampanye iklan
lengkap untuk pelanggannya. Pada tahun 1900 biro iklan telah menjadi
titik fokus perencanaan kreatif, dan iklan kokoh sebagai sebuah profesi.
Sekitar waktu yang sama, di Perancis, Charles-Louis Havas memperpanjang
jasa kantor berita itu, untuk memasukkan iklan broker, sehingga
kelompok Prancis pertama yang mengatur. Pada awalnya, lembaga yang
broker untuk ruang iklan di koran.
NW Ayer & Son adalah lembaga layanan penuh pertama yang bertanggung
jawab atas isi iklan. 1895 iklan untuk sebuah produk berat badan.
Pada pergantian abad ini, ada beberapa pilihan karir bagi perempuan
dalam bisnis, namun, iklan adalah salah satu dari sedikit. Karena
perempuan bertanggung jawab untuk sebagian besar pembelian kebutuhan
rumah tangga mereka masing - masing, pengiklan dan lembaga yang diakui
nilai's wawasan perempuan
iklan terus semakin berkembang, terutama dari segi kreatifitas
.Bahkan, periklanan Amerika pertama yang menggunakan menjual seksual
diciptakan oleh seorang wanita - untuk produk sabun. Meskipun jinak oleh
standar-standar hari ini, iklan ini menampilkan pasangan dengan pesan
"Kulit kamu mencintai menyentuh".
Awal 1920-an
Pada awal 1920-an, stasiun radio pertama didirikan oleh produsen peralatan radio
dan pengecer yang menawarkan program dalam rangka untuk menjual radio
lebih kepada konsumen. Seiring waktu berlalu, banyak organisasi nirlaba
mengikuti dalam mendirikan stasiun radio mereka sendiri, dan termasuk:,
klub dan kemasyarakatan. Kelompok sekolah Ketika praktek mensponsori
program dipopulerkan, masing-masing program radio individu biasanya
disponsori oleh pembisnis tunggal dalam pertukaran untuk menyebutkan
nama singkat bisnis mereka di bagian awal dan akhir yang menunjukkan
disponsori olehnya.Namun, pemilik stasiun radio segera menyadari bahwa
mereka bisa mendapatkan lebih banyak uang dengan menjual hak sponsor
dalam alokasi waktu kecil untuk beberapa bisnis di seluruh siaran
stasiun radio mereka, daripada menjual hak sponsor untuk bisnis tunggal
per show.
Praktek ini dilakukan ke televisi di akhir 1940-an dan awal 1950-an.
Sebuah pertempuran sengit terjadi antara mereka yang mencari untuk
mengkomersilkan radio dan orang-orang yang berpendapat bahwa spektrum radio harus dianggap sebagai bagian dari commons - untuk digunakan hanya non-komersial dan untuk kebaikan masyarakat.Kerajaan
Serikat mengejar model pendanaan publik untuk BBC, awalnya sebuah
perusahaan swasta, British Broadcasting Company , tetapi dimasukkan
sebagai badan publik oleh Royal Charter pada tahun 1927. Di Kanada, para pendukung seperti Graham Spry yang juga dapat membujuk pemerintah
federal untuk mengadopsi model pendanaan publik, menciptakan Canadian
Broadcasting Corporation. Namun, di Amerika Serikat, model kapitalis
menang dengan petikan dari Undang-Undang Komunikasi tahun 1934 yang
menciptakan Komisi Komunikasi Federal . Namun, Kongres AS memang
membutuhkan lembaga penyiaran komersial untuk beroperasi pada
kepentingan umum kenyamanan, dan kebutuhan . penyiaran Publik
sekarang ada di Amerika Serikat karena tahun 1967 Undang-Undang
Penyiaran Publik yang mengarah pada Public Broadcasting Service dan
National Public Radio
Awal 1950
Pada awal tahun 1950, DuMont Television Network mulai meluncurkan
program modern yang menjual iklan dalam hitungan waktu kepada beberapa
sponsor. Sebelumnya, DuMont telah kesulitan mencari sponsor bagi banyak
tentang program dan dikompensasi dengan menjual blok kecil waktu iklan
untuk beberapa bisnis. Hal ini akhirnya menjadi standar untuk industri
televisi komersial di Amerika Serikat.Namun, itu masih praktek umum
untuk memiliki menunjukkan sponsor tunggal, seperti Amerika Serikat
Steel Jam. Dalam beberapa kasus sponsor dilaksanakan kontrol yang besar
atas isi dari pertunjukan-sampai dengan dan termasuk memiliki agency
periklanan seseorang benar-benar menulis pertunjukan.
Akhir 1980-an dan awal 1990-an melihat pengenalan televisi kabel dan
khususnya MTV . Merintis konsep video musik , MTV diantar dalam jenis
baru iklan: tunes konsumen dalam untuk pesan iklan, daripada ia menjadi
oleh-produk atau ketinggalan zaman. Sebagai kabel dan televisi satelit
menjadi semakin umum, saluran khusus muncul, termasuk saluran seluruhnya
dikhususkan untuk iklan , seperti QVC , Home Shopping Network , dan
ShopTV Kanada.
Pemasaran melalui internet
membuka batas baru bagi pengiklan dan memberikan kontribusi kepada "
dot-com boom "tahun 1990-an. Seluruh perusahaan semata-mata dioperasikan
pada pendapatan iklan, yang menawarkan segala sesuatu dari kupon untuk
mengakses internet gratis. Pada pergantian abad ke-21, sejumlah situs
termasuk mesin pencari Google
, memulai perubahan dalam iklan online dengan menekankan kontekstual
yang relevan, iklan tidak mengganggu dimaksudkan untuk membantu,
daripada membanjiri, pengguna. Hal ini mengakibatkan sejumlah besar
upaya sejenis dan kecenderungan peningkatan iklan interaktif .
Bagian dari belanja iklan relatif terhadap PDB telah berubah sedikit
di seluruh perubahan besar dalam media . Sebagai contoh, di Amerika
Serikat pada 1925, media iklan utamanya adalah koran, majalah,
tanda-tanda pada trem , dan outdoor poster . Pada tahun 1998, televisi
dan radio sudah menjadi media periklanan besar. Meskipun demikian,
belanja iklan sebagai bagian dari PDB sedikit lebih rendah sekitar 2,4
persen.
Sebuah inovasi iklan
terbaru adalah " gerilya marketing ", yang melibatkan pendekatan yang
tidak biasa seperti menggelar pertemuan di tempat umum, hadiah produk
seperti mobil yang ditutupi dengan pesan merek, dan iklan interaktif
dimana penonton dapat merespon menjadi bagian dari pesan iklan .
periklanan gerilya meningkat menjadi lebih populer dengan banyak
perusahaan. Jenis iklan ini tidak terduga dan inovatif, yang menyebabkan
konsumen untuk membeli produk
atau ide. Hal ini mencerminkan kecenderungan meningkatnya interaktif
dan "tertanam" iklan, seperti melalui penempatan produk , memiliki suara
konsumen melalui pesan teks , dan berbagai inovasi memanfaatkan layanan
jaringan sosial seperti Facebook .
Jan
Pieterzoon Coen adalah nama yang tidak asing di dunia periklanan di
Indonesia Diya adalah tokoh periklanan dan menjabat sebagai gubernur
jendral hindia belanda. Bahkan Jan Pieterzoon Coen menjadi penerbit dari
Bataviasche novelle, surat kabar surat kabar pertama di Indonesia yang
terbit pada tahun 1744. Jan Pieterzoon Coen membuktikan bahwa hakekatnya
untuk produk barunya antara berita dengan iklana tidak ada bedanya,
berita pun dapat di sampaikan dengan metode dan teknik periklanan.
Antara
tahun 1868-1912 batavia dan orang orang eropa telah memiliki 14
penerbita pers, perusahaan periklanannya pun juga sudah di kelola oleh
orang orang cina atau pribum, maka dengan sendirinya bahasan- bahasan
tokoh periklanan di Indonesia sangat cenderung tidak ada karena memang
dulu masa hindia belanda belum ada pemisahan antara fungsi-funfsi
penerbit,percetakan dan perusahaan periklanan. Dengan sendirinya bahasan
mengenai tokoh-tokoh periklanan di Indonesia sangatlah hilang begitu
saja karena di masa itu yaitu hindia-belanda memang belum ada pemisah
yang jelas antara fungsi fungsi penerbit, percetakan dan perusahaan
periklanan.
Tiga
serangkai ini juga tidak luput dari sejarah periklanan di Indonesia
karena di sini diya dapat menularkan ilmu atau pengalaman yang dapat di
tangkap atau di contor para masyarakat pribumi dan keturunan cina tokoh
ketiga tersebut adalah F. Van Bemmel, Is. Van Mens dan Cor van Deutekom, dan
ketiga orang dating di biayai oleh BPM (Bataafsche Petroleum
aatschappij) dan bergabung dengan perusahaan terbesar saat ini yaitu
surat kabar De Locomotief dan terbit sejak tahun 1870 di Semarang.
CA
Kruseman lulusan sekolah dagang snabruck, Rotterdam tokoh ini berperan
penting juga dalam periklanan diya adalah pengelola perusahaan
periklanan HM van Drop yang juga memiliki percetakan surat kabar
Java-Bode, CA Kruseman diya ini juga di datangkan dari belanda.
Pada
abad 19 bermunculan perusahaan-perusahaan yang di kelola oleh kelompok
cina, karena pada tahun 1890 terjadi resesi ekonomi yang melanda dunia
yang dampaknya sangat buruk bagi dunia usaha.dan peluang ini di
manfaatkan oleh kelompok cina yang pelopornya adalah Yap Goan Ho, diya
adalah sebelumnya adalah copywriter di perusahaan De Locomotief dan nama
perusahaan iklan bernama Yap Goan Ho namun sayang perusahaan iklan ini
hanya bertahan tiga tahun(1888-1891).
Tokoh
periklanan yang berasal dari luar jawa yaitu Kadhool ternyata diya juga
mantan penulis naskah di perusahaan periklanan De Locomotief, Kahool
juga memiliki perusahaan iklan bernama Firma Tie Ping Goan yang di
kelola dan di miliki sendiri. Ping Goan umumnya dipesan oleh suratkabar
Tjaja Sumatra yang terbit dari tahun 1899-1933 di Sumatera Timur
(sekarang Riau). Produk yang di tangani kebanyakan adalah hotel.
Pada
tahun 1906 muncul NV Medan Prijaji di pimpin oleh Rm Tirto Adisoerjo
yang beredar di Batavia,bogor, dan bandung. Surat kabar ini memuat
berita-berita politik yang di dalamnya kebonrokan sistem kolonial dan
member perlindungan hokum bagi rakyat pribumi tatapi karena surat kabar
ini juga membutuhkan biaya untuk produksinya maka memerlukan perusahaan
iklan dan Raden Goenawan yang di beri kekuasaan untuk mengolah
perusahaan iklan Medan Prijaji
Tjokroamidjojo
adalah tokoh yang sangat di perhitungkan karena dapat menerbitkan surat
kabar yang cukup relative lama(1914-1924) dan mampu merauk keuntungan
yang lumayan Tjokroamidjojo adalah memimpin organisasi yang sangat
terkenal di jaman dahulu yaitu Serikat Dagang Islam, dan menerbitkan
surat kabar Sinar Djawa. Pasang surut laba Djawa di akibatkan perang
dunia ke I, dan mulai tahun ini bermunculan tokoh tokoh pribumi di dunia
periklanan.
Sedangkan M.Sastrosiitojo memiliki dan mengelola perusahaan periklanan ini dengan mengkhususkan iklan-iklan dan produknya terutama
buku dan di iklannya pun khusus bahasa jawa namun seiring
perkembanganya jaman perusahaan periklanan milik M.Sastrosiitojo
penghasilanya bukan hanya dari iklan tetapi diya mendapat dukungan dari pengusaha batik di solo milik Hadji Misbach.dan ini lah salah satu perusahaan periklanan sepesialis iklan buku jawa.
Selanjutnya adalah pengolahan iklan asosiasi adalah Abdoel Moeis ia
menjadi pemimpin di sebuah perusahaan periklanan NV Neratja. Dan produk
di dalamnya adalah mengiklankan perusahaan-perusahaan gula, hasil dari
keuntungannya di gunakan untuk mendirikan perusahaan periklanan dan
perusahaan penerbitan di sumatra timur dampak depresi ekonomi tahun 1930
kemudian juga ikut membunuh kedua perusahaan ini.
Pakar iklan pasca depresi Liem Kha Tong sekaligus menjadi pelopor bangkitnya kembali periklanan di hindia belanda pasca depresi di hindia belanda Untuk membangkitkan minat perusahaannya sendiri kemudian memasang iklan. Naskah iklannya sangat terkenal, berbunyi
Toekang iklan bikin reclame
Toekang sajoer bikin reclame
Post kantoor perloe reclame
Kantoor telefon perloe reclame
Bank-bank perloe djoega reclame
Apa toean sadja tidak perloe?
Toekang sajoer bikin reclame
Post kantoor perloe reclame
Kantoor telefon perloe reclame
Bank-bank perloe djoega reclame
Apa toean sadja tidak perloe?
Di bawah judul “Advertentie (periklanan) dan Perdagangan”
Advertentie poenja kaperloean soedah kentara,
kerna advertentie perloenja boeat perkenalken barang-barang dagangan kita pada publiek. Kaloe barang jang kita dagangken tidak dikenal, bagaimana bisa dapatken pembeli?
kerna advertentie perloenja boeat perkenalken barang-barang dagangan kita pada publiek. Kaloe barang jang kita dagangken tidak dikenal, bagaimana bisa dapatken pembeli?
Selanjutnya perusahaan periklanan yang seukses di bandung adalah Joedoprajitno
diya juga pemilik dan pengelola perusahaan periklanan yang berjama
Jupiter di pekalongan dan bangkrtut pada tahun 1930, . Pada tahun yang sama Joedoprajitno mengambil ahli perusahaan, Kiat sukses bisnisnya yang terkenal dimuat di harian Sipatahoenan edisi 3 Juni 1936, yaitu :
Sikap sombong diboewang djaoe-djaoe;
Haroes poenjaken Kesabaran dalem segala hal;
dan Dengan apa kaoe aken bisa naek di tangga doenia
Haroes poenjaken Kesabaran dalem segala hal;
dan Dengan apa kaoe aken bisa naek di tangga doenia
Memberi kiat di masa resesi adalah S. Soemodihardjo yang memimpin perusahaan periklanan Economie Blad.sebagai pemimpin perusahaaan bidang pemasaran milik ayahnya di solo. Dalam
hal periklanan, ia sering berbicara tentang “periklanan” sebagai suatu
ilmu pengetahuan yang “baru” untuk mencapai ekonomisasi yang tinggi.
Pencipta
slogan perjuangan pada tahun 1930 tokoh yang bernama Hendromartono diya
adalalah pemilik perusahaan periklanan yang bernaman Mardi Hoetomo di
Semarang, tokoh satu ini sangan dekat sekali dengan yang namanya selogan
pada tahun 1942 diya menciptakan slogan yang berbunyai” Boeng, Ayo
Boeng” pada tahun itu pula terjadi penyerbuan tentara jepang dan tahun
1950 di gunakan oleh sebuah perusahaan rokok di jawa timur.
Muhammad Napis
adalah Ketua PBRI(Persatuan Biro Reklame Indonesia) sejak 1956 hingga
1972, dan sejak umur 27 pada tahun 1952 di umurnya yang cukum muda diya
sudah mendirikan perusahaan sekaligus derektur utamanya di
CV Bhinneka Advertising Services hingga tahun 1972. Dan juga mendirikan
perseroan terbatas yang bernama Advertising Inter Media (AIM), dan
tetap sebagai Direktur Utama hingga tahun 1978. Hingga saat ini masih memegang peranan penting di dunia periklanan antara lain Direktur
Eksekutif PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), tahun
1980-1983; General Manager BPPP (Badan Penyalur dan Pemerataan
Periklanan) Pusat, sejak 1981; Sekretaris Tetap Komisi Tata-Krama dan
Tata-Cara Periklanan Indonesia, sejak 1981; dan Ketua Pelaksana Harian
Badan pengawas Tata-Krama dan Tata-Cara Periklanan PPPI, sejak 1992.
Tokoh periklanan modern yakitu adalah Nuradi.
Lahir di Jakarta, tanggal 10 Mei 1926, kalu yang satu ini hebatnya
yakitu diya tidak mengenyam pendidikna formal di bidang periklanan namun
Tahun 1946-1948 ia masuk Fakultas Hukum, Universitas Indonesia
(darurat) namun tahun berikutnya dia melanjutkan kuliah di amerik
serikat dan jadi oarng pertama yang di terima di Foreign Service
Institute, US State Department, Washington DC. Tahun 1961-1962 mengikuti
Management Training Course di SH Benson,London,perusahaan periklanan
terbesar di Eropa saat itu. Dan saat pulang keJakarta mendirikan
perusahaan periklanan yaitu InterVista Advertising.
Merintis
periklanan di Tv, keberadaan Tv di Indonesia pada tahun 1962 bulan
agustus, InterVisa tercatat sebagai perintis masuknya iklan-iklan
komersial di TVRI, Menurut Nuradi, kekuatan InterVista terletak justru
pada akar budidaya Indonesianya. Pendapat ini mungkin benar, kalau kita
perhatikan beberapa slogan yang diciptakan InterVista, seperti:
Produk susu kental manis; Indomilk sedaaap.
Produk bir; Bir Anker. Ini Bir Baru, Ini Baru Bir.
roduk rokok putih; Makin mesra dengan Mascot.
Produk skuter; Lebih baik naik Vespa
Kerja sama dengan Asing, mengenai masalah kerja sama asing sendiri nurdin sangat kuat sekali mempertahankan ke indonesiaanya: . “Ini
bisa mengantjam pertumbuhan pers nasional”, katanya, dan “biro-biro
iklan internasional yang berkeliaran di Jakarta dalam waktu dekat bisa
memaksa pers di Indonesia mendjadi sematjam djuru-bitjara kaum
industrialis besar”, lanjutnya.*(Majalah Tempo, 25 Maret 1972) sedangkan pada saat itu terjadi peristiwa yang namnaya anti iklan asing pada
perusahaan iklan di Indonesia tetapi penggunaan tenaga kerja asing
masih di mungkin kan mengigat semuanya belum di isi olah orang indonesia
dan contoh jabatan yang saat into belum bisa/ belum di anggap untuk
menangani jabatan tersebut adalah: Advertising
Consultant (konsultan periklanan di perusahaan periklanan), Advertising
Technical Adviser (penasehat teknis di perusahaan periklanan), dan
Advertising Manager (manajer periklanan di perusahaan pengiklan).
Nuradi menduga, hingga awal tahun 1970, urutan peningkat omset perusahaan-perusahaanperiklanan adalah; Lintas, indo-Ad, Matari dan InterVista sendiri.
0 komentar :
Posting Komentar